Tata Cara Membuat Presentasi yang Baik dengan Microsoft Powerpoint



Apa Kabar Semua ?  semoga sehat selalu, saya minta maaf karena blog ini menjadi jarang di update. Hal  dikarenakan kesibukan saya di sekolah, alhasil blog ini agak terbengkalai. Nah kebetulan dengan Hari libur ini saya memiliki Waktu luang yang cukup untuk kembali Membuat Artikel. Pada kesempatan Kali ini saya akan Membuat postingan yang berkaitan dengan Edukasi, tepatnya adalah “Cara Membuat Presentasi yang Baik dengan Microsoft Powerpoint”.
Presentasi merupakan hal yang umum kita temui sehari hari, terutama dengan kesibukan kita didalam sekolah maupun lingkungan kerja, namun terkadang banyak orang yang menyampaikan Materi Presentasi tanpa membuat persiapan yang matang sehingga membuat hasilnya kurang memuaskan, baik dari segi Presentasi maupun mental dari Individu.
Nah melalui posting kali ini , saya akan membagikan Cara membuat Presentasi yang baik dengan Microsoft Powerpoint, teman teman bisa melihatnya dibawah ini :
Alat
·         PC/laptop
·         Microsoft Office Powerpoint
Setelah itu, ikuti Tutorial dibawah ini:
1.    Tentukan Tema dari Presentasi, sesuaikan dengan Materi Presentasi yang anda buat.
Contoh : Saya menggunakan Tema Blackboard atau Papan Tulis untuk materi Narkoba, tujuan nya adalah menunjukkan kesan Simple dan Mudah dimengerti.

2.    Gunakan Custom Template dan Font yang sesuai, bisa di download melalui Internet dengan bebas.
3.    Cari referensi data secukupnya, bisa melalui internet atau buku bacaan. Persiapkan file tersebut dalam Bentuk dokumen word (docx) atau text biasa (txt). Tujuan nya adalah agar isi dari Presentasi mudah diorganisir.

4.    Beri ilustrasi pendukung didalam materi Presentasi baik berupa Gambar atau Video. Ingat, gunakan media dengan Resolusi yang baik agar tidak pecah dan susah dilihat.

5.    Beri Backsound berupa Instrumen yang lembut dan tidak berisik, Tujuan nya agar Presentasi tidak terkesan kosong, juga menunjukkan kesan Profesional dan Serius.
6.    Buat Halaman Judul (Title Slide) yang sederhana Namun Menarik, Slide pertama akan Mempengaruhi Reaksi Audience, jika Slide pertama Anda menarik, maka perhatian Audience sudah pasti menjadi milik anda.
7.    Jika ingin Mendeskripsikan satu Objek, misal Orang, Benda, Tempat dsb. Gunakan Tipe Slide two Content. Bagian kiri untuk Text dan kanan Untuk Media. Jangan terlalu banyak membuat Teks dan Gunakan Gambar yang Beresolusi baik.

8.    Perhatikan Komposisi Background dan Objek, saya sarankan agar Background dibuat Gelap dan Objek dibuat terang. Jangan Menggunakan Background terang dan objek yang terang karena justru membuat Presentasi terlihat Alay atau berlebihan.


9.    Terakhir, Buat satu slide untuk Ucapan terima kasih, Hal ini akan membuat Audience merasa dihargai dan menunjukkan Pribadi anda sebagai orang yang Ramah.


Selain Materi yang baik, perlu dipehatikan bahwa keberhasilan dari sebuah Presentasi juga ditentukan oleh Teman teman sendiri. Teman teman perlu mempersiapkan Mental yang baik serta mengerti dengan materi yang disampaikan, jangan sampai terlihat bodoh dihadapan audience, hal ini akan membuat orang lain meremehkan anda.

Sekian Posting kali ini, Semoga bermanfaat untuk Teman Teman semua. Jangan Lupa terus kunjungi sakuretsuu.blogspot.com untuk update posting Terbaru. Terima Kasih.






Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonymous
admin
May 23, 2016 at 1:15 PM ×

wahh keren.. thanks buat ilmunya...

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar