Membuat Custom Splashscreen untuk Adobe Illustrator


Adobe terbukti menjadi perusahaan yang sukses dibidang teknologi khususnya design grafis. Setiap prosuk yang dikeluarkan oleh Adobe selalu menarik minat masyarakat baik digunakan secara pribadi maupun professional, tak terkecuali Adobe Illustrator.
Adobe Illustator mungkin kurang familiar oleh sebagian dari kita, kebanyakan lebih mengenal Photoshop atau coreldraw untuk design. Menurut saya, Illustrator lebih cocok digunakan untuk bersaing dengan coreldraw dibandingkan dengan photoshop karena memiliki fungsi yang mirip, yaitu menggambar dengan basis vector. Namun saya lebih merekomendasikan Illustrator karena lebih mudah dioperasikan, terlebih untuk kita yang sudah akrab dengan photoshop atau produk adobe yang lain.
Ada satu hal yang menarik dari produk adobe, yaitu splashscreen. Splash Screen adalah tampilan awal loading saat kita membuka aplikasi, mirip seperti boot animation pada android. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ilmu cara membuat custom splahscreen untuk adobe illustrator.
Sebelumnya siapkan dulu
·         Photoshop
·         .png Illustrator basic
·         Hiasan Design sesuai keinginan
Kemudian ikuti tutorial dibawah ini :
1.       Buka Photoshop, buat dokumen baru dengan ukuran 832x700 px,bisa diedit selama perbandingan nya proporsional, sesuaikan dengan display laptop teman teman.

2.       Kemudian import file png illustrator yang sudah didownload, letakkan ditengah dengan cara align to center. File ini bisa diganti warnanya sesuai keinginan, namun disini saya beri warna asli dari Adobe Illustrator.


3.       Kemudian siapkan hiasan untuk splash screen AI sesuai kreasi, disini sebagai contoh menggunakan hiasan berupa splash vector dan gambar anime. Pastikan semuanya tidak memiliki Background, jika ada dihapus dulu.


4.       Setelah semua siap, design splash screen sesuai keinginan teman teman, edit opacity, ukuran , letak, ganti warna dan lain sebagai nya.


5.       Jika sudah selesai, hapus atau hilangkan visibilitas layer paling bawah (layer 0) kemudian save design dalam format .png


6.       Copy hasil design menjadi 2 dan rename menjadi ai_cs6_splash dan ai_cs6_splash_tryout.


7.       Copy 2 file tadi ke folder instalasi adobe illustrator,secara default akan ada di (C:\Program Files\Adobe\Adobe Illustrator CS6 (64 Bit)\Support Files\Contents\Windows), ada baiknya membackup file asli dari splash screen sebelum melakukan copy dan replace untuk berjaga jaga jika ada kesalahan.
8.       Terakhir buka Adobe Illustrator dan lihat perubahan nya


Sebagai referensi, berikut saya lampirkan master file .psd dan contoh splash screen yang sudah saya buat.


Nah itu dia cara tutorial membuat Custom Splash screen adobe Illustrator, selamat mencoba. Jangan lupa share ke teman teman agar bisa bermanfaat untuk semua,terus kunjungi blog ini untuk update tutorial terbaru. Terima Kasih.
Previous
Next Post »