Membuat Bootable Flashdisk untuk Install Ulang (RUFUS)

Computer menjadi bagian yang penting dalam hidup kita, setiap hari kita selalu menggunakan computer untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Umumnya computer yang kita gunakan menggunakan Windows sebagai system operasi nya.
                Seiring berjalan nya waktu, terkadang kita mengeluhkan performa computer kita yang turun, hal ini tidak hanya disebabkan oleh hardware saja, namun juga bisa dipengaruhi oleh system operasinya. Semakin banyak kita menginstall aplikasi, semakin banyak bug, file dump, dan file lain yang menyebabkan computer kita menjadi lemot, hang, dan lag.
                Lalu bagaimana agar computer kita kembali ke performa aslinya ? solusinya adalah menyegarkan kembali system operasi kita dengan cara install ulang. Nah melalui posting kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana membuat bootable Flashdisk untuk Install Ulang Windows.
Pertama Siapkan dulu hal hal berikut :
1.       PC/Laptop dengan spek sesuai versi windows yg digunakan.
2.       Flashdisk ukuran minimal 4gb, rekomendasi 8 gb.
3.       Software Rufus, download disini.
4.       File .iso Windows 7,8,8.1, atau 10

Kemudian ikuti langkah langkah dibawah ini.

1.       Masukkan Flashdisk ke PC/Laptop, kemudian buka rufus.
2.       Kemudian Sesuaikan setting rufus seperti yang saya lakukan dibawah ini.

3.       Ganti DD Image menjadi iso image dan cari file .iso
yang diperlukan.

4.       Setelah itu pilih start dan tunggu hingga selesai.


Setelah proses pembuatan bootable selesai, shut down computer kemudian boot ke BIOS, pilih boot from USB device, dan ikuti langkah langkah untuk install ulang. Itu dia cara membuat bootable windows, cara ini sangat digemari karena mudah, dan aman, dibandingkan menggunakan cd yang mudah rusak. Terus kunjungi sakuretsuu.blogspot.com untuk update post selanjutnya. Terima Kasih.
Previous
Next Post »